Ketahui Penyebab Emboli, Diagnosis, dan Pengobatannya

Emboli merupakan keadaan adanya benda ataupun zat asing yang tersangkut di dalam pembuluh darah seperti contohnya gelembung gas atau gumpalan darah yang mengakibatkan adanya penyumbatan dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit tergantung dari tipe pembuluh darah yang tersumbat. Begitu pula dengan gejala yang timbul, tergantung dari tipe serta lokasi dari pembuluh darah mana yang mengalami penyumbatan.

Penyebab

Penyebab emboli ialah tergantung dari beberapa zat asing yang memang bisa menyumbat pembuluh darah. Berikut ini ulasan yang dilansir dari halodoc.com, yuk disimak!

Lemak

Yang bisa menyebabkan emboli adalah lemak. Lemak yang bisa menjadi penyebab untuk emboli ialah ketika seseorang mengalami patah tulang. Saat tulang yang patah terlepas dari tempatnya, lemak yang tadinya menempel pun ikut terlepas dan masuk ke aliran darah hingga bisa menyumbat pembuluh darah.

Air Ketuban

Air ketuban atau yang bisa juga disebut dengan cairan aminotik, merupakan cairan yang berfungsi untuk melindungi janin selama masa kehamilan dan bisa menjadi penyebab dari terjadinya emboli. Memang hal ini sangat jarang terjadi, tetapi masih mempunyai peluang akan terjadinya kebocoran air ketuban. Bocornya air ketuban ini bisa menjadi penyebab pembuluh darah tersumbat.

Gumpalan Darah

Ketika seseorang terluka dan tersayat, darah yang mengalir bisa membeku dengan sendirinya  karena memang di dalam tubuh manusia memiliki sistem pembekuan darah sendiri. Namun, jika proses pembekuan ini terjadi padahal tidak ada luka atau sayatan pada tubuh bisa menghasilkan gumpalan darah dan jika terlepas ke aliran darah, akan mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh hingga menjadi penyebab emboli.

Gelembung Gas atau Udara

Adanya gelembung gas maupun udara pada tubuh manusia biasa terjadi pada seorang penyelam. Ketika penyelam terlalu cepat menuju permukaan, akan muncul gelembung udara dan gas yang mengalir di dalam aliran darah yang kemudian bisa menyumbat pembuluh darah. Hal ini pun menjadi penyebab untuk kematian para penyelam.

Kolesterol

Sebenarnya, penyebab emboli adalah aterosklerosis. Maksudnya ialah suatu keadaan pembuluh darah yang semakin lama semaki menyempit karena adanya penumpukan kolesterol. Tumpukan kolesterol yang menjadi penyebab untuk penyempitan pembuluh darah dan masuk pada kondisi yang sudah berat sehingga terlepas dari tempatnya akan mengalir ke aliran darah hingga akhirnya menyumbat pembuluh darah.

Ada hal-hal lain yang bisa menjadi penyebab dari emboli contohnya seperti orang yang mengalami sakit jantung, berat badan melebihi 80 kg atau obesitas, orang yang sering merokok, wanita hamil, serta orang yang sudah lanjut usia. Agar terhindar dari emboli, kamu harus melakukan pola hidup yang sehat.

Diagnosis

Untuk mendiagnosis emboli, harus sesuai dengan pemeriksaan dari gejala, riwayat kesehatan, penyebab emboli, dan keadaan kesehatan pasien. Tes yang biasa dipakai untuk mendiagnosis pasien apakah mengalami emboli atau tidak, ada beberapa maacam. Di antaranya adalah tes darah, MRI (magnetic resonance imaging), CT scan.

Ada juga tes untuk mengetahui penyebab emboli seperti venografi yang memakai foto dari rontgen agar dapat melihat kondisi pembuluh darah vena, lalu arteriografi yaitu pemeriksaan dengan foto dari rontgen aga bisa melihat keadaan dari  pembuluh dara arteri, dalam tes tersebut digunakan paduan warna yang kontras, serta tes untuk fungsi paru dan juga jantung.

Pengobatan

Pengobatan agar emboli bisa dihilangkan atau setidaknya gejala untuk penyakit ini berkurang, dapat melalui obat ataupun juga bisa dengan operasi. Obat yang dimaksud ialah antikoagulan seperti heparin untuk mencegah penggumpalan darah dan juga trombolitik seperti alteplase yang bisa meleburkan darah yang menggumpal.

Itulah ulasan mengenai penyebab emboli, diagnosis, dan pengobatannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *